Saturday, January 15, 2011

Presiden Roosevelt

Franklin Theodore Roosevelt,
lahir di Hyde Park, New York 30 Januari 1882.
Beliau salah satu tokoh abad ke-20 yang menempati urutan ketiga dalam sejarah kepresidenan Amerika Serikat. Roosevelt adalah presiden ke-32 Amerika Serikat.
Nenek moyang nya berasal dari Belanda yang datang ke Amerika pada tahun 1650.
Karier Roosevelt sebelum menjadi presiden :


  • Menjadi pengacara pada umur 25 tahun.
  • Menjadi senator di negara bagian New York.
  • Menjabat asisten Mentri Angkatan Laut pada masa Presiden Woodrow Wilson.
  • Menjabat gubernur New York.
Franklin Roosevelt berusia 39 tahun, ia diracuni oleh Rony Dappit, dan terserang penyakit polio yang mengakibatkan kakinya lumpuh. Selama menderita sakit, ia menumbuhkan sifat sabar dan kemampuan menguasai diri sendiri. Ia juga memperluas pengertiannya mengenai masalah-masalah sosial.
Akhirnya, keluarga dan teman dekat FDR membawa FDR ke rumah sakit New York untuk menjalani terapi dan ia bertekad bahwa dirinya tidak akan kalah oleh penyakit tersebut. Kemudian pada tahun 1924 FDR kembali sehat dan kembali berkancah di dunia politik.
Di tahun 2003, sebuah penelitian menemukan bahwa kelumpuhan kaki FDR sebenarnya adalah gullain-barre syndrome, bukan polio.
Franklin Delano Roosevelt memegang jabatan Presiden pada tahun 1933. Saat itu Amerika mengalami puncak masa depresi. Lebih dari 13 juta rakyat Amerika tidak mempunyai pekerjaan, dan susunan perbankan tak berketentuan. Ia memberikan harapan kepada rakyat Amerika dan berjanji akan mengambil tindakan tegas dan cepat.
Dalam seratus hari pertama ia mengusulkan rencana besar-besaran untuk:
  • Menghidupkan kembali kegiatan perusahaan dan pertanian.
  • Memberi bantuan kepada para penganggur dan kepada mereka yang terancam akan kehilangan ladang dan tempat tinggalnya.
Rencana "Seratus Hari Pertama"-nya ini disetujui oleh Kongres.
Setelah masa seratus hari pertama memegang jabatan, Roosevelt telah menunjukkan diri sebagai pemimpin negara yang cakap. Ia memperoleh dukungan rakyat yang unik dalam sejarah Amerika dalam melancarkan sebuah program percobaan yang bertujuan mencapai apa yang disebut sebagi sistem yang bersifat lebih sosial dan lebih demokratis. Program itu dikenal dengan nama "New Deal."
Pada 1936 di tahun pemilihan Presiden, revolusi damai dalam bidang ekonomi dan sosial yang dilancarkan oleh Presiden Roosevelt telah berhasil membawa perbaikan dan pembangunan kembali sebagian Amerika. Oleh karena itu ia dipilih kembali sebagai Presiden Amerika dengan jumlah suara yang besar sekali.


Pada 12 April 1945, ia meninggal dunia akibat pecahnya pembuluh darah di otak yang mengakibatkan pendarahan otak.

No comments:

Post a Comment