Sunday, July 31, 2011

Paus Langka terlihat di skotlandia

Seekor paus langka jenis Sei menampakkan diri di Teluk Barat Skotlandia pekan lalu. Inilah untuk kedelapan kalinya dalam 50 tahun terakhir paus yang hampir punah tersebut terlihat.

Danny Kerr, petugas paramedis setempat, berhasil mengambil gambar paus tersebut dari pesawat udara yang ia tumpangi saat akan menjemput pasiennya, demikian seperti dikutip BBC.

Kerr mengirim foto penghuni laut itu ke ahli di Sea Watch. Para petugas di sana langsung membaginya dengan peneliti dari Amerika. Bentuk paus ini memang berbeda. Tubuhnya kurus dan memanjang.

Setelah dianalisis secara seksama, semua berpendapat sama, yakni paus yang terekam gambarnya itu memang adalah Paus Sei, spesies yang terancam punah dan hidup di daerah kutub. Penampakan di Skotlandia tergolong langka.

Para ilmuwan sempat ragu saat menentukan apakah ini benar Paus Sei sebab paus ini mirip dengan Paus Fin jika dilihat dari siripnya yang berwarna putih.

“Setelah memperhatikan dengan seksama foto tersebut, kami yakin ini adalah Paus Sei. Ini terlihat dari sirip punggungnya yang melengkung ke belakang dan sangat besar. Sirip putih besar dan melengkung ke belakang adalah ciri Paus Sei, bukan Fin,” kata Peter Evans, Direktur Sea Watch.

Masih banyak rahasia soal Paus Sei yang berlum terungkap hingga kini. Spesies ini dahulu banyak diburu hingga jumlahnya terus menurun drastis. Populasi Paus Sei tidak diketahui secara pasti, tapi diperkirakan jumlahnya tinggal 30 ribu ekor di seluruh dunia.

foto
Various Source

No comments:

Post a Comment