Sunday, July 31, 2011

Ensiklopedia Harry Potter (Part. 2)

Basilisk: Raja ular, memiliki taring sangat besar. Ular ini membunuh siapapun yang memandang matanya secara langsung. Orang yang memandang tidak secara langsung akan menjadi batu. Korban yang telah menjadi batu dapat diselamatkan melalui jus Mandrake.

Baron Berdarah: Hantu yang menjadi penghuni asrama Slytherin

Batu Kebangkitan: Batu yang menurut legenda pertama kali diberikan kepada saudara Peverell oleh Kematian. Batu yang memiliki simbol beruang di atasnya ini memiliki kekuatan untuk mengembalikan seseorang yang sudah meninggal ke dunia. Setelah pemilik pertama meninggal, batu ini diwariskan kepada Marvolo Gaunt, namun kemudian dicuri oleh Tom Riddle dan diubah menjadi Horcrux (lihat pula keterangan tentang cincin Marvolo Gaunt)

Batu Bertuah: Batu yang bisa mengubah logam menjadi emas murni ini mampu membuat pemiliknya hidup abadi. Namun hanya orang yang mencari tapi tidak bermaksud menggunakannya saja yang dapat menemukannya. Batu ini telah dihancurkan sejak tahun pertama Harry di Hogwarts karena Voldemort bermaksud mencurinya

Beater: Posisi dalam permainan Quidditch yang diisi oleh dua orang. Beater bertugas untuk menyingkirkan bludger (lihat bludger) sejauh mungkin dari anggota tim dimana beater tersebut bergabung. Beater dilengkapi tongkat untuk memukul bola bludger yang umumnya akan diarahkan ke tim lawan.

Beauxbatons: Sekolah sihir yang ada di Prancis dan berlambangkan dua tongkat sihir yang saling bersilangan dan masing-masing mengeluarkan tiga bintang.

Bezoar: Batu yang diambil dari perut kambing. Batu ini memiliki fungsi melindungi penggunanya dari hampir semua racun.

Bludger: Bola dalam permainan Quidditch yang selalu bergerak liar dan menghantam pemain yang ditemuinya. Tugas Beater lah untuk menjauhkan bola ini dari tim.

Boggarts: Makhluk sihir yang menyukai ruangan tertutup--Like enclosed spaces. Bentuknya selalu berubah-ubah. Makhluk ini mampu mengetahui ketakutan terbesar dalam diri setiap orang, sehingga akan selalu berubah bentuk menjadi sosok yang menurut korban di dekatnya paling menakutkan. Namun Boggarts bisa diatasi dengan mantra lelucon, seperti 'Riddiculus'

Bubotuber: Tanaman yang bermanfaat menyembuhkan jerawat

Bubuk Wartcap: Membuat kulit yang menyentuhnya jadi kapalan

Buku Harian Tom Riddle: Buku milik Tom Riddle yang mampu menjadi sarana komunikasi antara siapapun yang menulis di dalamnya dengan memori Tom Riddle yang telah diawetkan di dalamnya selama 50 tahun. Buku ini memiliki kekuatan jahat sehingga dihancurkan oleh Harry pada tahun keduanya di Hogwarts dengan menggunakan taring Basilisk

Butterbeer: Minuman yang hangat dan berbusa

No comments:

Post a Comment