Sunday, July 31, 2011

Kodok Tanzania Kini Hidup Lagi



Di alam, kodok liar asal Tanzania ini tak ditemukan lagi. Kerusakan habitat membuat kodok kecil ini sudah punah di alam. Namun campur tangan peneliti biologi konservasi berhasil mengembangbiakkan binatang amfibi itu di laboratorium.

Kisah kodok spray kihansi ini berawal dari proyek konstruksi bendungan hidroelektrik di Sungai Kihansi, yang membelah Tanzania pada 1996. Ketika itu peneliti menemukan kodok kecil yang hidup di batuan tebing yang menciptakan air terjun setinggi 900 meter. Belakangan diketahui bahwa kodok ini hidup di daerah vertikal basah yang dihasilkan oleh cipratan air terjun.

Warna kulit kodok kihansi merupakan perpaduan antara kuning dan putih pucat. Isi perut kodok bisa terlihat jelas lantaran kulit perut binatang ini sedikit transparan.

Ukuran yang kecil membuat binatang ini hanya berbobot beberapa gram. Reproduksi kodok tersebut dilakukan melalui proses melahirkan, bukan bertelur. Induk kodok selalu membawa bayinya di belakang punggungnya.

"Spesies ini sangat unik dan endemik," ujar James Gibbs, ahli biologi konservasi dari SUNY College of Environmental Science and Forestry (ESF), Syracuse, New York, Amerika Serikat. "Kodok ini adalah binatang vertebrata berkaki empat dengan luas hunian terkecil di dunia."

Pembangunan bendungan menyebabkan berkurangnya debit air yang mengaliri sungai. Akibatnya, air terjun nyaris berkurang drastis, sehingga menyebabkan penurunan populasi kodok.

Upaya menyelamatkan populasi kodok dilakukan dengan memindahkan 500 ekor hewan tersebut ke Kebun Binatang Bronx, New York. Namun di tempat barunya, kodok ini sulit bertahan hidup sehingga jumlah individu yang bertahan hidup menyusut.

Sebagian individu yang masih hidup dipindahkan ke Kebun Binatang Toledo di Ohio. Di tempat ini, peneliti membiakkan 50 kodok. Dalam waktu singkat, jumlah kodok berkembang pesat. Pemerintah Tanzania mendatangi peneliti dan meminta agar binatang ini dikembalikan ke habitatnya.

Namun Gibbs dan timnya enggan memenuhi kemauan pemerintah Tanzania. Menurut mereka, harus dilakukan penelitian terhadap habitat asli kodok kecil ini. Kehadiran jamur patogen chytrid di lokasi asalnya bisa mengancam kodok kecil tersebut. "Kami tidak ingin kodok kembali ke habitatnya tapi menderita," ujar Gibbs.

No comments:

Post a Comment