Thursday, June 9, 2011

Tips untuk menghadapi tes wawancara


tes wawancara merupakan tes yang dilakukan oleh instasi yang ingin mencari karyawan atau mahasiswa yang kompeten dan mempunyai kepribadian bagus dan memenuhi syarat.

berbagai kemampuan atau info tentang diri kita diuji dan diamati dengan cara melontarkan berbagai pertanyaan yang harus kita jawab.

dalam tes wawancara biasanya diberi beberapa pertanyaan dalam kurun waktu minimal 5 menit. jadi seandainya anda diwawancarai kurang dari 5 menit maka anda jangan berharap diterima tapi kalau wawancara anda lama dan semakin sulit pertanyaannya maka itu kemungkinan anda akan diterima dalam instasi itu

berbagai pertanyaan itu adalah sarana untuk menguji dan mengetahui kepribadian kita sesungguhnya, terkadang pertnyaan itu juga sebagai jebakan guna untuk menguji kita juga apakah kita layak dan pantas dalam situasi yang akan kita alami meskipun dalam situasi terjelek dalam instasi itu. pertanyaan seperti itu juga berguna untuk menguji apakah kita benar-benar setia atau loyalitas kepada instasi tersebut atau tidak.

dalam tulisan saya kali ini, saya akan membagi tips-tips guna untuk menghadapi tes wawancara agar tes wawancara kita lancar dan berhasil sesuai dengan keinginan kita.

dalam tes wawancara ada beberapa penilaian yang menguji sikap kepribadian kita secara menyeliruh. untuk itu tunjukkanlah sikap yang baik dan tegas saat kita wawancara.misalnya:
a. tatap mata pewancara.
b. duduk tegap, tangan berada di paha (jangan dimeja)
c. jawab bertanyaan dengan tegas dan yakin. (jangan bicara aaaaaaa... atau mikir terlalu lama)
d. jalani semua ujian dengan yakin dan percaya diri. jangan gugup dan tetap senyum.
e. kalau soal kemampuan, jawab dengan percaya diri pertanyaan itu. karena itu nilai lebih bagi kita karena kita memiliki beberapa kompetensi yang berguna untuk bagi instasi itu.


itu lah beberapa tips guna untuk menghadapi tes wawancara. semoga bermanfaat bagi anda.. terima kasih.

No comments:

Post a Comment