Thursday, June 9, 2011

Bagaimana cara mengatasi rasa gugup saat presentasi?


Gugup adalah suatu sikap yang disebabkan karena pikiran-pikiran negatif terhadap diri kita sendiri. anda yang selalu gugup bukan berarti anda tidak memiliki kompetendi atau kemampuan tetapi anda hanya kurang berlatih, kurang percaya diri dan kurang persiapan.
dengan kata lain kegugupan itu bukan disebabkan karena kurangnya kompetensi kita melainkan kurangnya kesiapan, dan kurang percaya diri.

dalam tulisan saya kali nini, saya akan berbagi beberapa tips untuk mengatasi rasa gugup saat presentasi dimuka umum. untuk mengatasi rasa gugup anda harus memperhatikan beberapa hal penting yaitu :

1. FOKUS dan SIAPKAN MATERI PRESENTASI SEBAIK mungkin agar anda tidak kehabisan bahan saat anda sedang presentasi dan dalam menjawab pertanyaan dari para penanya.

2. PERCAYA DIRI dan JANGAN TERLALU TEGANG, saat presentasi bukanlah kesempurnaan yang harus kita tampilkan yang membuat kita sangat terbebani dan sangat serius dalam presentasi, melaikan kita mencari kesempurnaan dan jangan sungkan-sungkan meminta pertanyaan, saran atau masukkan kepada peserta presentasi.

3. jangan sering-sering menggunakan kata yang terlalu ilmiah atau berat tetapi gunakanlah kata-kata yang sederhana dan mudah dicerna sesuai dengan tingkat pendidikan peserta presentasi.

4. TAMPILAN PRESENTASI harus MENARIK, ini sangat berfungsi untuk menarik perhatian para peserta presentasi karena dengan adanya tayangan menarik, dan multimedia akan membuat perasaan peserta presentasi enjoy, santai, dan senang dan semua materi presentasi yang anda presentasikan akan mereka perhatikan dan dan mereka pahami dengan baik.


yaaa. itu lah beberapa tips guna mengatasi rasa gugup saat presentasi. semoga bermanfaat bagi anda.. terima kasih.

No comments:

Post a Comment