Wednesday, November 17, 2010

Network Connection Blank

Beberapa minggu yang lalu punya masalah dengan Network Connection... Komputer yang telah saya install tidak bisa terkoneksi ke Internet. Padahal semua kabel LAN sudah terpasang, dan biasanya akan terkoneksi secara otomatis. Akhirnya saya melakukan beberapa usaha.
Berikut langakah-langakah yang saya lakukan :

 1. Cek LAN caranya : 
     Klik Star -> Control Panel -> Network Connections 
     Dan waktu itu saya melihat Network Connections nya kosong, tidak ada icon LAN sama sekali

2.  Cek Hardware caranya :
     Klik Star -> Control Panel -> Administrative Tools -> Computer Management -> System Tools -> Device Manager
     Disana saya menemukan Ethernet Controller saya tidak terdeteksi (ada tanda tanya berwarna kuning), disana disebutkan driver belum diinstal.

3.  Karena driver belum diinstal, akhirnya saya searching atau googling driver hardware tersebut, karena tidak pasti jenis driver apa yang harus dicari, akhirnya saya cek jenis driver dengan HWinfo32.exe, dengan aplikasi ini saya bisa tau seluruh informasi tentang hardware yang ada dikomputer saya. Cara download :
Klik disini : hwinfo32.exe, kemudian klik DOWNLOAD NOW, dalam beberapa menit saja muncul kotak dialog kemudian save file, kemudian aplikasi tersebut siap dijalankan. 

4.  Pada hwinfo32.exe ternyata saya memerlukan lokasi dimana hardware berada, karena banyak sekali info hardware yang ada disana, sehingga saya bingung, sebenarnya hardware yang mana yang harus saya instal, akhirnya yang saya lakukan adalah : Klik Star -> Control Panel -> Administrative Tools -> Computer Management -> System Tools -> Device Manager 
Pada Device Manager saya klik pada Ethernet Controller yang masih berbentuk tanda tanya kuning, kemudian akan terlihat lokasi hardware pada Location, pada saat itu saya melihat lokasinya adalah PCI Bus 3, device 8, function 0, info itu cukup untuk mengetahui jenis driver apa yang sedang terpasang di komputer saya

5. Saya kembali lagi kepada hwinfo32.exe, akan muncul 2 kotak dialog, kotak yang pertama saya close, kemudian kotak yang kedua karena lokasi hardware yang saya maksud tadi adalah PCI bus 3, maka saya masuk ke Bus -> kemudian PCI Bus #0 -> Intel 8280... -> baru kemudian ditemukan PCI Bus #3
Ternyata nama hardware saya adalah Intel ICH6 LOM with 82562GT, barulah kemudian saya googling dengan memasukkan kata search : "Intel 82562GT", dan sekedar rekomendasi, driver terlengkap ada di DOWNLOADATOZ, bermacam-macam driver ada disini ...

6. Akhirnya saya menemukan Instaler driver nya, dan akhirnya pekerjaan saya selesai hari ini...

Ffffhhhh, cukup melelahkan... :(  Tapi menyenangkan karena mendapat ilmu baru. Terimakasih buat teman-teman yang sudah membantu pekerjaan saya ini.


   




No comments:

Post a Comment